Jumat, 15 Juni 2012

ikan koi

Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia.

Salah satu jenis ikan mas(KOI)
Ikan Koi adalah jenis ikan karper Cyprinus carpio yang dipelihara untuk menghias rumah, berasal dari Tiongkok dan banyak tersebar di Jepang. Mereka berkerabat dekat dengan ikan mas, dan karena itu banyak orang menyebutnya ikan mas koi yang sebenarnya adalah misnomer, koi dianggap membawa keberuntungan.Ikan Koi termasuk ikan hias unik yang kini semakin banyak fandsnya. Selain pesona warna dan lekukannya yang indah,

keistimewaan lain dari koi adalah keelokan yang dipertontonkan tatkala menyembul dan melompat ke atas air. Sungguh sebuah pemandangan yang istimewa bagi mereka yang hobi memeliharanya.
Ia kemudian mengembangkan peternakan koi yang diberi nama Leon dan Leonny. Sejak itulah koi populer di Indonesia dan belakangan menjadi buruan hobiis hingga saat ini. Di negara asalnya Jepang, ikan koi bisa mencapai panjang maksimum 120 cm. Sedangkan di Indonesia ikan koi baru bisa mencapai panjang maksimum 75 cm. Ikan koi termasuk ikan yang berumur panjang. Konon ikan koi milik Kekaisaran Jepang mencapai umur 120 tahun, dengan panjang 120 cm.
Ikan koi adalah jenis ikan yang gampang dipelihara. Umur ikan koi bisa bertahan sampai puluhan tahun. Ini para fands dan calon fands dapat menyesuaikan diri antara keinginan dan kondisi saku. Tak selamanya harus mengeluarkan biaya yang mahal karena harganya yang bervariasi, tergantung dari ukuran dan jenis. Hebatnya, harga koi juara kontes dapat menembus ratusan juta rupiah.
Bagi pecinta koi yang serius masalah kolam koi menjadi perhatian penting sebelum memasukkan ikan-ikan kedalam kolam. Ada beberapa faktor yang mendasar yang patut diperhatikan untuk membuat kolam koi menjadi tempat ideal bagi koi kesayangan. Berbeda dengan pecinta koi yang baru memulai, umumnya tidak terlalu perhatian dengan faktor ini. Desain Kolam koi yang baik adalah desain yang mampu menjaga kualitas air dalam kondisi yang prima sehingga mampu menjadi tempathidup yang baik bagi ikan koi.
Ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam desain kolam koi antara lain:
Mampu menghilangkan semua limbah padat pada Kolam. Selain itu pastikan kolam bersih dari daun-daun, sisa makanan, kotoran ikan dan lain-lain, kotoran padat yang dibuang dari kolam melalu sistem filter dimasukkan ke dalam setlemen chamber sebelum air masuk ke sistem filter biologi. Cara Memelihara dan



Merawat Ikan Koi
Pemeliharaan koi dilakukan di kolam semen, kolam tanah, kolam taman. Pemeliharaan koi dalam aquarium tidak dianjurkan, Karena ikan tersebut membutuhkan areal berenang yang luas dan dalam. Ukuran kolam koi yang dianjurkan minimal memiliki luas 1,5x2m dengan kedalaman 80 sampai 150cm. Jika kolam telalu dangkal, tubuh koi akan terus-menerus terkena sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh sinar matahari. Sinar ini dapat warna tubuhnya menjadi pucat, dan pertumbuhannya pun bisa terhambat.
Perlu diperhatikan pula tinggi kolam minimal 25cm dari bibir kolam untuk mencegah koi melompat ke daratan. Selain itu kolam juga harus dilengkapi saluran pembuangan di bagian bawah kolam. Di bagian atas kolam juga dipasang pipa untuk menyalurkan air bersih yang sudah diendapkan.
Pada kolam pemijahan tidak mungkin menjadi satu dengan kolam taman. Kolam pemijahan harus mempunyai pintu pemasukan dan pintu pengeluaran air tersendiri.Selain itu, seluruh kolam harus diplester dan bisa dikeringkan dengan sempurna.
Luas kolam pemijahan bervariasi. Jika mungkin, sediakan juga kolam penetasan telur dan perawatan benih. Bagi yang memiliki uang cukup, dinding kolam bisa dilapis vinil yaitu bahan yang biasa untuk membuat bak fiberglass. Dengan lapisan vinil, kolam-kolam tersebut lebih terjamin kebersihannya dan efek dari semen bisa dihilangkan.


Pemberian Pakan

Pakan berfungsi selain untuk membantu pembentukan tubuh ideal dan mencemerlangkan warna pada ikan koi, juga sebagai media perantara untuk mengobati ikan koi yang sakit. Jenis pakan yang diberikan bisa berupa pakan alami atau pakan pakan buatan. Yang terpenting pakan tersebut mengandung gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan ikan koi. Jenis pakan yang digunakan untuk memacu pertumbuhan ikan koi agar tubuhnya ideal dengan bentuk tubuh gemuk dan memanjang adalah wheat germ. Pakan terbuat dari bahan yang mengandung protein tinggi seperti, gandum, tepung udang, tepung ikan, dan bungkil kacang kedelai.
Sementara, pakan untuk mencemerlangkan dan mempertajam warna koi adalah pakan yang mengandung zat karoten. Zat tersebut dapat merangsang munculnya warna pada ikan koi. Secara alami di dalam tubuh ikan koi terdapat zat karoten berupa antaxanthin yang menghasilkan warna merah, dan lutein yang menciptakan warna kuning kehijauan.
Filter empat lapis adalah filter yang terdiri dari filter pertama yang terdiri dari kerikil, pasir, dan ijuk yang berfungsi menyaring sampah dan Lumpur yang mengotori kolam.
Filter ketiga berupa pestisida yang tak mematikan bakteri pengurai yang berperan dalam proses penjernihan air kolam. Derajat keasaman (pH) air yang cocok untuk pertumbuhan koi adalah 6,5-8,5. Untuk menjaga sirkulasi air bisa dipasang pompa yang mampu menyalurkan air sebanyak 25 liter per menit. Dengan cara ini, air kolam tak perlu sering dibrsihkan, tapi yang perlu dilakukan adalah membersihkan filter dan bak filter. Tujuannya untuk membuang zat-zat racun dari sisa-sisa makanan yang terurai menjadi nitrit yang berbahaya.




Syarat kolam
1) Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan adalah jenis tanah liat/lempung, tidak berporos. Jenis tanah tersebut dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor sehingga dapat dibuat pematang/dinding kolam.
2) Kemiringan tanah yang baik untuk pembuatan kolam berkisar antara 3-5% untuk megampangkan pengairan kolam secara gravitasi.
4) Kualitas air untuk pemeliharaan ikan mas harus bersih, tidak terlalu keruh dan tidak tercemar bahan-bahan kimia beracun, dan minyak/limbah pabrik.
5) Ikan mas dapat berkembang pesat di kolam, sawah, kakaban, dan sungai air deras. Kolam dengan sistem pengairannya yang mengalir sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik ikan mas. Debit air untuk kolam air tenang 8-15 liter/detik/ha, sedangkan untuk pembesaran di kolam air deras debitnya 100 liter/menit/m3.
6) Keasaman air (pH) yang baik adalah antara 7-8.
7) Suhu air yang baik berkisar antara 20-25 oC.



Bisnis ikan koi

Ikan koi yang dianggap membawa keberuntungan ini memang menjadi sesuatu yang menarik bagi para pemburu Koi, mereka menjadikan ikan koi sebagai kegemaran yang justru sekaligus menjadi lahan bisnis yang cukup menggiurkan.


Bisnis Ikan koi menggiurkan karena omzet bisa mencapai ratusan juta jenis ikan Koi yang mahal tergantung pada corak dan warna ikan serta kesehatannya “Kualitas menjadi penentu mengenai tinggi rendahnya nilai jual ikan koi yang diperdagangkan, perawatannya cukup gampang, yang penting memperhatikan kebersihan air dan kesehatan makanannya. Banyak fands ikan Koi yang umumnya berawal dari hobi kemudian menjadi peternak dan menjadikannya sebagai lahan bisnis, karena bisnis ikan Koi memang cukup menguntungkan dan memiliki prospek yang cerah dikemudian hari karena orang lebih tertarik pada sesuatu yang bisa membawa rasa nyaman dan hiburan bagi mereka.
Kini banyak ikan koi yang dijual hingga ratusan ribu rupiah dipasaran namun perlu diperhatikan kesehatan ikan tersebut karena dapat menimulkan kerugian bila ikan yang berasal dari pasar dan terjangkit penyakit tercampur dengan ikan sehat yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar